0
Ringkasan e-book
Posted by Eva Cahyati
on
05.28
Ringkasan Chapter 9
Buku AIS, Nancy A. Barganoff
Buku AIS, Nancy A. Barganoff
Software Akuntansi
dan Perusahaan
PENGANTAR
Karena sifat
berulang-ulang dari banyaknya tugas dalam akuntansi, tidaklah mengherankan
bahwa tugas-tugas ini telah berjalan otomatis. Dengan kemajuan perangkat keras
dan perangkat lunak, software akuntansi menjadi semakin canggih dan disesuaikan
untuk spesifik kebutuhan industri. Bab ini menjelaskan berbagai jenis akuntansi
dan perusahaan perangkat lunak untuk lingkungan bisnis saat ini. Awalnya, paket
software akuntansi sangat dasar. Biasanya mereka hanya memproses transaksi pembukuan untuk bisnis. Sekarang, akuntansi
dan software enterprise-wide sangat kuat, kompleks dan mampu mengumpulkan
berbagai data untuk mendukung keputusan bisnis bagi perusahaan-perusahaan
multinasional yang beroperasi secara global dan membutuhkan informasi dalam
berbagai bahasa dan mata uang asing. Selanjutnya, paket software akuntansi
khusus dapat menampung kebutuhan informasi industri tertentu yang didorong oleh
beberapa proses bisnis yang unik yang dijelaskan dalam bab sebelumnya .
Saat ini, software
akuntansi sedang berkembang menjadi fase lain sebagai solusi bisnis
menjadi sebuah bagian (modul) dari perusahaan perangkat lunak yang telah terintegrasi yang disebut sistem Enterprise Resources Planning ( ERP ). Contohnya fungsi keuangan dihubungkan dengan manufaktur, penjualan dan distribusi, aplikasi sumber daya manusia, dan lain-lain. Perusahaan terbesar saat ini menyadari manfaat dari mengintegrasikan sistem informasi mereka dengan memperluas sistem ERP mereka dari atas ke bawah jaringan perusahaan mereka. Bab ini membahas berbagai aspek software akuntansi yang terintegrasi dan sistem perusahaan secara luas dan detail, termasuk fungsi mereka, bentuk, dampaknya pada proses bisnis, dan kaitan antara biaya dan manfaat. Karena dampak dari paket perangkat lunak perusahaan secara luas sangat penting
bagi akuntan
menjadi sebuah bagian (modul) dari perusahaan perangkat lunak yang telah terintegrasi yang disebut sistem Enterprise Resources Planning ( ERP ). Contohnya fungsi keuangan dihubungkan dengan manufaktur, penjualan dan distribusi, aplikasi sumber daya manusia, dan lain-lain. Perusahaan terbesar saat ini menyadari manfaat dari mengintegrasikan sistem informasi mereka dengan memperluas sistem ERP mereka dari atas ke bawah jaringan perusahaan mereka. Bab ini membahas berbagai aspek software akuntansi yang terintegrasi dan sistem perusahaan secara luas dan detail, termasuk fungsi mereka, bentuk, dampaknya pada proses bisnis, dan kaitan antara biaya dan manfaat. Karena dampak dari paket perangkat lunak perusahaan secara luas sangat penting
bagi akuntan
Mengetahui kapan
harus meng-upgrade sistem yang baru dapat menjadi sebuah tantangan.
Dalam beberapa kasus, perubahan dalam lingkungan eksternal organisasi, seperti meningkatnya persaingan, sehingga terpaksa upgrad. Dalam kasus lain, manajemen harus mengidentifikasi dan menilai masalah dalam membuat keputusan. Karena pasar software telah mengalami banyak konsolidasi dan tergabung sejak pertengahan tahun 1990-an, pemilihan perangkat lunak dapat menjadi lebih rumit.
Dalam beberapa kasus, perubahan dalam lingkungan eksternal organisasi, seperti meningkatnya persaingan, sehingga terpaksa upgrad. Dalam kasus lain, manajemen harus mengidentifikasi dan menilai masalah dalam membuat keputusan. Karena pasar software telah mengalami banyak konsolidasi dan tergabung sejak pertengahan tahun 1990-an, pemilihan perangkat lunak dapat menjadi lebih rumit.
PROGRAM SOFTWARE
AKUNTANSI TERPADU
Program software
akuntansi terpadu memproses semua jenis transaksi akuntansi. Transaksi tersebut
mempengaruhi akun-akun di dalam jurnal umum dan jurnal khusus, seperti
penjualan dan pembelian. Program software akuntansi terpadu mengatur proses
transaksi di modul dan menyediakan hubungan diantara modul. Modul buku besar
umum yang termasuk akun grafik, merupakan pembangun dari sebuah sistem. Modul
lainnya secara khusus ditemukan di program software akuntansi terpadu termasuk
akun piutang, utang, persediaan, dan daftar gaji karyawan.
Jurnal yang dicatat
di modul software akuntansi, memperbarui
modul buku besar umum di dalam suaru periode atau bedasarkan waktu yang
sebenarnya. Dalam sebuah level program akuntansin yang canggih,m ungkin dengan
menambanhkan modul seperti biaya pekerjaan, pembelian, tagihan, faktur, dan
aset tetap. Berikut beberapa ciri-ciri yang dimiliki program software akuntansi
terpadu :
·
Jejak
audit
·
Kemampuan
penganggaran
·
Memeriksa
dan mencetak faktur
·
Fitur
e-commerce
·
Alat
menganalisis keuangan
·
Laporan
grafik
·
Manajemen
persediaan
·
Jurnal
Berulang
·
Kemampuan
menangani beberapa pengguna
·
Kemampuan
menangani beberapa perusahaan
·
Penyesuain
laporan keuangan
·
Memilih
akuntansi berbasis kas dan berbasis akrual
·
Kemampuan
untuk berkembang (menyesuaikan perkembangan bisnis)
·
Menganalisis
perbedaan (anggaran ke yang sebenarnya)
Software Akuntansi Bisnis
Kecil
Akhir-akhir
ini, program komersial yang dijual sekitar $ 100, atau bahkan gratis. Sebagai
contoh, Microsoft sekarang menawarkan program bisnis kecil yaitu Microsoft
Small Business Accounting. Saat ini, versi gratis dari MS Accounting (disebut MS
Accounting Express) sudah termasuk dalam edisi MS Office 2007, dan juga dapat didownload gratis dari website. Versi
terbaru mereka Microsoft
Office Accounting ( 2008) yang ditujukan untuk melayani bisnis kecil yang
memiliki kurang dari 25 karyawan. Paket software
akuntansi ini sepenuhnya terintegrasi dengan semua
program Microsoft Office lainnya. Ini berarti Anda dapat dengan mudah mengimpor
data dari spreadsheet Excel ke dalam program akuntansi.
Pemilik usaha kecil yang biasanya paling peduli
dengan arus kas dan menentukan apakah mereka untung atau tidak.
Karena
ada begitu banyak paket software akuntansi murah tersedia untuk usaha
kecil, Anda akan berpikir bahwa semua usaha kecil telah mempunyai salah
satunya. Namun, meskipun perangkat lunak yang
murah, tantangannya adalah untuk pemilik dan karyawan untuk belajar bagaimana untuk mendapatkan nilai terbesar dari
produk. Sebagai contoh, berapa banyak fitur
yang ada di MS Word yang Anda tidak gunakan atau bahkan tidak tahu yang tersedia? Demikian pula, untuk mendapatkan banyak keuntungan dari software akuntansi apapun, pemilik bisnis harus mempertimbangkan perusahaan kantor akuntan publik atau konsultan software lokal yang dapat membantu memilih software, karyawan, membantu perusahaan mengidentifikasi laporan yang berguna untuk pengambilan keputusan , atau bahkan mungkin membantu dengan penyelamatan dan pemulihan kebutuhan bila terjadi masalah.
yang ada di MS Word yang Anda tidak gunakan atau bahkan tidak tahu yang tersedia? Demikian pula, untuk mendapatkan banyak keuntungan dari software akuntansi apapun, pemilik bisnis harus mempertimbangkan perusahaan kantor akuntan publik atau konsultan software lokal yang dapat membantu memilih software, karyawan, membantu perusahaan mengidentifikasi laporan yang berguna untuk pengambilan keputusan , atau bahkan mungkin membantu dengan penyelamatan dan pemulihan kebutuhan bila terjadi masalah.
Software Sistem Akuntansi Luas dan Menengah
Beberapa
contoh
perangkat
lunak akuntansi
jenis ini adalah Microsoft Dynamics GP, SAP Business One, Epicor, perangkat lunak Sage MAS 90 dan MAS200, Everest, Made2Manage,
dan Accpac. Biaya perangkat lunak ini mulai dari $2.000 sampai lebih dari $ 300.000, menawarkan banyak fitur yang dibutuhkan oleh perusahaan
menengah dan besar. Sebagai contoh, banyak perusahaan besar melakukan bisnis internasional dan perlu software untuk
menangani transaksi dalam
berbagai mata uang. Beberapapaket
perangkat lunak dapat
mengkonversi transaksi dari satu mata uang yang lain dan bahkan dapat
menulis cek dalam
mata uang asing. Contoh lain
dari fitur khusus yang mungkin dimasukkan dalam software akuntansi berlevel tinggi adalah kemampuan
untuk membagi komisi antara beberapa penjual.
Software sistem akuntansi besar
dan menengah juga dapat menangani
lebih dari fungsi akuntansi.
Software akuntansi
bisa mahal. Bahkan paket yang berlevel tinggi memerlukan investasi yang signifikan untuk menginstal
perangkat lunak, mengkonversi data lama untuk sistem baru, menyesuaikan
fitur, dan melatih
pengguna. Meskipun perangkat lunak itu sendiri tidak komponen biaya utama, beberapa perusahaan memilih untuk membeli layanan
komputasi awan daripada membeli
perangkat lunak langsung. Susunan
ini disebut hosted solution dan tersedia untuk beberapa ,
termasuk Peachtree dan Accpac. Dua
keuntungan dari hosted solution adalah
mudah terukur dan program data dapat diakses dimana
saja dan kapan saja.
Sistem Informasi Akuntansi Khusus
Selain vendor yang melayani kategori industri umum,
ada ribuan vendor yang menjual perangkat lunak akuntansi yang dirancang khusus
untuk memenuhi industri tertentu atau bahkan niche yang sangat kecil dalam
suatu industri . Beberapa contoh paket tersebut akuntansi program perangkat lunak
untuk kantor gigi, pengecer hewan peliharaan, toko video, dan sekolah. Beberapa vendor paket
akuntansi umum yang terintegrasi menawarkan program yang ditulis oleh pengembang independen untuk interface dengan paket dan menyediakan
fitur yang dibutuhkan oleh pelanggan di industri
khusus. Vendor perangkat lunak lainnya termasuk kode sumber program mereka sehingga bisnis dapat
memilih software yang sesuai dengan perangkat lunak khusus yang dibutuhkan. Menyesuaikan perangkat lunak adalah sebuah bisnis yang baik
untuk nilai menambah reseller atau konsultan
yang memiliki kemampuan pemrograman dan
pemahaman tentang kebutuhan khusus
dari beberapa bisnis.
SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN BESAR
Sistem informasi
organisasi harus memproses data keuangan secara teliti. Kemampuan program
perangkat lunak akuntansi untuk mengolah data perusahaan besar dengan harga dan
kompleksitas perangkat lunak. Contoh software dalam kategori ini, dikenal
sebagai sistem Enterprise Resource Planning (ERP), perangkat lunak perusahaan dan
Business Application Suites termasuk Microsoft Dynamics AX, SAP All- in-One, Sage
MAS 500, NetSuite Enterprise Solution, Exact Synergy, Infor Enterprise
Solutions, Epicor, dan Oracle .
Dua fitur penting dari jenis teknologi yang terintegrasi dan database pusat.
Biasanya , perangkat lunak mengintegrasikan subsistem keuangan atau akuntansi dengan
Customer Relationship Management (CRM), layanan bisnis , sumber daya manusia (
SDM ), dan Supply Chain Management (SCM).
Fungsi Sistem Perusahaan
Fungsi
Dasar ERP. Saat ini
sistem ERP menyediakan
integrasi di antara banyak dari
proses bisnis, misalnya pengolahan dan memenuhi pesanan organisasi besar, manufaktur, pembelian dan fungsi sumber daya manusia, yang semuanya menyediakan untuk masing-masing data dan sistem keuangan. Integrasi ini misalnya seorang tenaga penjualan mengambil pesanan di perusahaan manufaktur untuk memeriksa ketersediaan persediaan yang ada.
Jika persediaan ada, sistem informasi akan memberitahukan pengiriman untuk memilih barang
dan mengisi pesanan. Jika tidak ada persediaan di tangan, sistem ERP dapat membuat subsistem di manufaktur untuk membuat lebih banyak produk. Integrasi antara pesanan pelanggan dan subsistem manufaktur dapat mengakibatkan revisi jadwal produksi untuk mengakomodasi
perintah baru. Singkatnya , semua bidang fungsional organisasi dapat menggunakan informasi yang sama untuk melakukan tugas-tugas mereka secara efisien untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
proses bisnis, misalnya pengolahan dan memenuhi pesanan organisasi besar, manufaktur, pembelian dan fungsi sumber daya manusia, yang semuanya menyediakan untuk masing-masing data dan sistem keuangan. Integrasi ini misalnya seorang tenaga penjualan mengambil pesanan di perusahaan manufaktur untuk memeriksa ketersediaan persediaan yang ada.
Jika persediaan ada, sistem informasi akan memberitahukan pengiriman untuk memilih barang
dan mengisi pesanan. Jika tidak ada persediaan di tangan, sistem ERP dapat membuat subsistem di manufaktur untuk membuat lebih banyak produk. Integrasi antara pesanan pelanggan dan subsistem manufaktur dapat mengakibatkan revisi jadwal produksi untuk mengakomodasi
perintah baru. Singkatnya , semua bidang fungsional organisasi dapat menggunakan informasi yang sama untuk melakukan tugas-tugas mereka secara efisien untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Perpanjangan Sistem ERP. Proses
bisnis yang terintegrasi dengan sistem ERP dikenal sebagai fungsi back-office
karena terutama mereka yang menyangkut sistem internal perusahaan. Sistem tradisional
ERP fokus pada data internal, yang digunakan terutama untuk proses internal
(misalnya, sumber daya manusia dan manufaktur) dan perusahaan itu sendiri
yang mengambil keputusan. Saat ini sistem ERP sudah diperluas dengan e–.business dan kemampuan front-office lainnya.
yang mengambil keputusan. Saat ini sistem ERP sudah diperluas dengan e–.business dan kemampuan front-office lainnya.
Struktur Sistem Perusahaan
Sistem
konfigurasi.
Meskipun sistem ERP yang paling sering dijalankan perangkat lunak berlisensi
pada sistem komputer perusahaan, beberapa organisasi memilih hosted solution. Organisasi yang khawatir tentang tingginya biaya ERP dan tidak pasti manfaatnya, dapat membeli layanan ERP di Internet. Pelanggan yang tidak memiliki perangkat lunak, dan menyimpan harga pembelian yang tinggi, biaya hardware, serta memelihara dan meningkatkan biaya.
pada sistem komputer perusahaan, beberapa organisasi memilih hosted solution. Organisasi yang khawatir tentang tingginya biaya ERP dan tidak pasti manfaatnya, dapat membeli layanan ERP di Internet. Pelanggan yang tidak memiliki perangkat lunak, dan menyimpan harga pembelian yang tinggi, biaya hardware, serta memelihara dan meningkatkan biaya.
Database
terpusat. Untuk
mencapai integrasi, struktur sistem ERP
adalah konfigurasi sebuah database pusat. Informasi penyimpan database mengenai
setiap data item hanya sekali (sehingga menghindari penggandaan data) dan
membuatnya segera tersedia untuk semua berbagai fungsi dalam suatu organisasi.
Memiliki database pusat berarti bahwa data dalam sistem ERP memiliki integritas
data, dikumpulkan hanya sekali, akurat, dan terkini.
Aplikasi
Antarmuka. Antarmuka lain yang berguna untuk bisnis adalah integrasi
aplikasi Enterprise Application Integration (EAI). EAI
memungkinkan perusahaan dengan aplikasi dan database legal untuk terintegrasi
dan terus menggunakan
sistem tersebut. Hal ini terutama
bermanfaat jika perusahaan-perusahaan
ini memutuskan untuk menerapkan
ERP atau memperoleh aplikasi baru yang memanfaatkan
Internet, e-commerce, extranet, dan teknologi
baru lainnya. EAI dapat tercapai integrasi maka
perusahaan tidak dikenakan biaya untuk membangun antarmuka mereka sendiri
yang mengikat beberapa aplikasi mereka secara bersama-sama.
Portal
Internet.
Memperpanjang sistem ERP antarmuka dengan
individu di dalam dan di luar
organisasi melalui portal. Sebuah portal adalah pintu gerbang ke situs atau layanan lain untuk
meningkatkan komunikasi dan produktivitas antara karyawan, pelanggan, mitra, dan pemasok. Sebagai contoh, sebuah perusahaan dapat memungkinkan pemasok untuk melihat daftar harga dan juga untuk mempelajari status pembayaran tagihannya secara real-time. Portal Universitas memungkinkan mahasiswa dan fakultas untuk mengakses berbagai sumber daya universitas , seperti kalender universitas, informasi, dan database online melalui perpustakaan.
organisasi melalui portal. Sebuah portal adalah pintu gerbang ke situs atau layanan lain untuk
meningkatkan komunikasi dan produktivitas antara karyawan, pelanggan, mitra, dan pemasok. Sebagai contoh, sebuah perusahaan dapat memungkinkan pemasok untuk melihat daftar harga dan juga untuk mempelajari status pembayaran tagihannya secara real-time. Portal Universitas memungkinkan mahasiswa dan fakultas untuk mengakses berbagai sumber daya universitas , seperti kalender universitas, informasi, dan database online melalui perpustakaan.
Proses
Bisnis dan Sistem Perusahaan.
Menerapkan ERP dan mengulang proses bisnis bisa sangat menuntut pada karyawan
di semua organisasi. Mengetahui ilmu yang didapat dari orang-orang yang
telah melalui proses harus sangat berguna.
Survei terbaru dari 327 organisasi (termasuk lebih
13 sektor industri utama) menawarkan pemahaman yang lebih komprehensif BPR. Survei
responden mengidentifikasi berikut yang merupakan faktor keberhasilan yang paling penting dalam BPR mereka :
13 sektor industri utama) menawarkan pemahaman yang lebih komprehensif BPR. Survei
responden mengidentifikasi berikut yang merupakan faktor keberhasilan yang paling penting dalam BPR mereka :
(
1 ) Perencanaan, di mana ruang lingkup dan peran diputuskan
(
2 ) Mengulang pada proses terakhir
(
3 ) Dukungan dari manajemen puncak.
Risiko dan Manfaat Sistem Enterprise
Karena
sistem ERP sangat mahal,
maka memerlukan pelatihan dan konsultasi
dengan perubahan spesialis
manajemen, dan memerlukan waktu yang lama untuk melaksanakan, risiko dan manfaat yang
terkait dengan sistem yang cukup besar.
Sayangnya, ada banyak contoh kegagalan dalam mengimplementasikan ERP, dan
kegagalan ini sering berdampak
buruk pada laporan keuangan suatu
bisnis.
Resiko dan Biaya ERP
Biaya :
Ø
Hardware
Ø
Software
Ø
Pelatihan:
- Teknis
- Proses bisnis
- Teknis
- Proses bisnis
Ø
Mengonversi Data
Ø
Layanan Profesional
Ø
Perawatan Software
Ø
Software upgrade
Manfaat :
Ø
Mengurangi investasi persediaan
Ø
Meningkatan manajemen aset (misalnya kas dan piutang)
Ø
Meningkatan pengambilan keputusan
Ø
Meningkatkan fleksibilitas dan responsif
Ø
Meningkatan pelayanan dan kepuasan pelanggan
Manfaat
dari ERP. Meskipun
biaya tinggi, ada banyak alasan kuat untuk menerapkan sistem ERP. Banyak
manfaat dari pengurangan biaya, seperti pengurangan persediaan dan karyawan.
Manfaat lain dari sistem ERP adalah kekayaan informasi yang dikumpulkan dalam
data transaksi. Kebanyakan sistem ERP menawarkan laporan yang telah ditetapkan,
tetapi tidak menawarkan kemampuan
untuk menganalisis data untuk memberikan manajer keuntungan dalam pengambilan keputusan.
untuk menganalisis data untuk memberikan manajer keuntungan dalam pengambilan keputusan.
MEMILIH SEBUAH PAKET SOFTWARE
Kapan AIS Baru Dibutuhkan?
Bagi mereka
yang sudah menggunakan AIS berbasis komputer, ada pemberitahuan bagi pemilik
usaha dan manajer bahwa ada paket perangkat lunak akuntansi baru, atau upgrade
perangkat lunak. Seringkali, pemberitahuan ini menyangkut kas dan operasi
bisnis yang lebih baik. Kadang-kadang pemilik dan manajer perusahaan melihat
pemberitahuan eksternal yang mengingatkan mereka untuk kebutuhan AIS yang baru.
Pemberitahuan ini mungkin tidak ada hubungannya dengan perusahaan itu sendiri,
atau vendor atau pelanggan. Salah satu contohnya mungkin peraturan baru atau undang-undang
yang mengubah cara perusahaan harus beroperasi .
Memilih Software Akuntansi yang Tepat
Pendekatan untuk membeli software akuntansi
bervariasi dengan kompleksitas usaha
dan
perangkat lunak. Untuk usaha kecil, pendekatan ini jauh lebih cepat dan tidak
mahal daripada sebuah perusahaan besar yang memutuskan pada sistem ERP. Organisasi besar dengan kebutuhan informasi akuntansi khusus dapat menggunakan AIS dari awal.
Meskipun sistem kebiasaan yang sulit dan mahal untuk dikembangkan, mereka menjadi sedikit
maka dengan kemajuan dalam pemrograman berorientasi obyek, komputasi client / server, dan database yang berteknologi. Software akuntansi saat ini mudah digunakan dan kaya fitur. Penelitian Internet dan diskusi dengan pemilik bisnis lain dalam industri yang sama mungkin cukup untuk membantu pemilik bisnis memilih paket software. Sejumlah situs bermanfaat yang tersedia di
Internet untuk membantu memilihnya ini.
perangkat lunak. Untuk usaha kecil, pendekatan ini jauh lebih cepat dan tidak
mahal daripada sebuah perusahaan besar yang memutuskan pada sistem ERP. Organisasi besar dengan kebutuhan informasi akuntansi khusus dapat menggunakan AIS dari awal.
Meskipun sistem kebiasaan yang sulit dan mahal untuk dikembangkan, mereka menjadi sedikit
maka dengan kemajuan dalam pemrograman berorientasi obyek, komputasi client / server, dan database yang berteknologi. Software akuntansi saat ini mudah digunakan dan kaya fitur. Penelitian Internet dan diskusi dengan pemilik bisnis lain dalam industri yang sama mungkin cukup untuk membantu pemilik bisnis memilih paket software. Sejumlah situs bermanfaat yang tersedia di
Internet untuk membantu memilihnya ini.
Sumber : e-book “Accounting Information Systems”,
penulis : Nancy A. Barganoff, Mark G. Simkin, dan Carolyn S. Norman.
Posting Komentar